Disk Operating System (DOS)

Disk Operating System (DOS), adalah sistem operasi yang mendominasi pasar IBM PC pada era tahun 1981 dan 1995, atau sampai sekitar 2000 termasuk sebagian berbasis DOS Microsoft Windows versi 95, 98, dan Millenium Edition. DOS merupakan sistem operasi yang dimuat dari perangkat penyimpanan berupa disk saat sistem komputer dinyalakan. Sistem terkait termasuk MS-DOS, PC DOS, DR-DOS, FreeDOS, ROM-DOS, dan PTS-DOS.

Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis teks (text-mode user interface), dengan tanda kesiapan menerima perintah dari pengguna yang disebut dengan prompt. Prompt default yang digunakan dalam DOS adalah nama path ditambah dengan tanda lebih besar (>), seperti C:\>, C:\DOS\ dan lain-lain. Pengguna juga dapat menggunakan simbol prompt lainnya dengan menggunakan perintah PROMPT.

Sistem operasi ini juga bersifat single-tasking (hanya dapat menjalankan satu program pada satu waktu saja), menjalankan prosesor pada modus real (real mode), dan hanya dapat mendukung satu pengguna dalam satu waktu (single user).

Sistem DOS menggunakan command line interface (antarmuka berbasis perintah). Program dimulai dengan memasukkan nama file mereka pada command prompt. Sistem DOS meliputi beberapa program seperti sistem utilitas, dan memberikan perintah tambahan (perintah eksternal) yang tidak mengacu kepada program (perintah internal).

Sumber : Wikipedia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s