Diet Seimbang dengan Metode Food Combining

Makan terlalu banyak mungkin telah menjadi kebiasaan sebagian orang. Itulah sebabnya ketika dihadapkan pada pola makan terkontrol (diet), mereka mulai menghitung-hitung berapa kalori yang seharusnya masuk ke tubuh mereka. Tentu cara ini cukup membingungkan.

Nah, agar Anda tidak lagi sibuk menghitung berapa kalori yang Anda butuhkan, Anda coba saja “Handful Diet”. Tak perlu hitungan njelimet, Anda cukup menggunakan genggaman tangan Anda saja untuk mengukurnya. Mudah dan praktis.

Handful Diet, begitulah diet ini disebut karena berisi segenggam karbohidrat, protein, dan lemak sehat sebagai menu utama saat waktu makan tiba.

Tujuan utama dari Handful diet adalah untuk mengurangi perhitungan matematis masuknya kalori yang mungkin tidak semua orang bisa menghitungnya, sehingga program diet bisa lebih mudah dan praktis dijalankan.

Penerapan Handful diet cukup mudah. Di waktu makan, Anda tinggal menargetkan segenggam makronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Misalnya:

Protein
Selain dikenal sebagai zat pembangun, protein juga berperan sebagai sumber energi bagi tubuh. Protein akan memberi energi dan memperkuat otot-otot Anda. Orang dewasa membutuhkan sekitar 1 gram protein per kilogram berat badannya setiap hari.

Segenggam dada ayam kira-kira mengandung 28 gram protein. Ini artinya jika berat badan Anda 60 kg, Anda membutuhkan kira-kira 2 genggam dada ayam bebas lemak.

Namun, jika Anda aktif berlatih beban, kebutuhan itu akan meningkat menjadi 2-3 gram protein tiap kilogram berat badan Anda. Kalaupun Anda kesulitan mengonsumsi dada ayam, Anda bisa melengkapi kekurangannya dengan mengonsumsi suplemen protein.

Kabohidrat, Sayur, dan Buah
Ada dua jenis karbohidrat yaitu, karbohidrat simpel dan kompleks. Karbohidrat simpel dicerna lebih cepat dan memberikan energi instan. Karbohidrat jenis ini terkandung dalam; nasi putih, roti, dan makanan manis. Sedangkan karbohidrat kompleks dicerna lebih lambat sehingga bisa memberikan energi secara kontinyu seperti; nasi merah, oatmeal, dan gandum.

Sesuaikan saja jenis karbohidrat mana yang Anda perlukan saat ini. Sama sekali menghindari karbohidrat sangat tidak dianjurkan karena karbohidrat adalah sumber energi. Mengawali hari dengan segenggam karbohidrat akan membuat Anda tetap berenergi sepanjang hari.

Kombinasikan dengan segenggam sayuran baik bayam, selada, bunga kol atau yang lainnya. Jangan lupa menambahkan segenggam buah-buahan untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian Anda.

Lemak Sehat
Siapa bilang tubuh Anda tidak butuh makanan berlemak? Lemak adalah makronutrien yang dibutuhkan tubuh. Tentu yang kita bicarakan di sini adalah lemak sehat. Konsumsi lemak harian tidak disarankan di bawah 15 persen dari total asupan kalori Anda.

Satu genggam makanan berlemak sehat akan menjaga fungsi tubuh Anda tetap berada pada jalurnya. Ini bisa Anda dapatkan dari segenggam almond, kacang tanah, atau buah alpukat (potong setengah) adalah contoh sumber lemak sehat yang bisa Anda konsumsi setiap hari.

Semoga cara ini bisa membantu Anda terhindar dari hitungan matematis yang ‘njelimet’ yang berpotensi menggagalkan diet Anda. Selamat mencoba.

Source : DuniaFitness

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s