Wanita Lebih Baik Tak Mengenakan Bra

Bra adalah salah satu pakaian yang fungsinya menyangga dan melindungi payudara saat beraktivitas. Untuk itu, ada berbagai macam bra yang diciptakan sesuai kebutuhan, untuk tampil dengan beragam busana, atau untuk melindungi payudara agar tak mengeluarkan air ASI terus menerus (pada saat menyusui).

Karena fungsinya tersebut, semua wanita di dunia sangat membutuhkan bra dan menganggapnya sebagai piranti penting. Namun sebuah penelitian mengatakan bahwa memakai bra untuk melindungi dan menopang payudara bukanlah gaya hidup yang baik. Benarkah?

Penelitian yang berlokasi di Perancis ini berlangsung selama 15 tahun, dan akhirnya menemukan ide baru bahwa bra bisa membahayakan wanita. “Secara medis, psikis, dan anatomi tubuh, payudara wanita tidak mendapatkan manfaat positif dari pemakaian bra. Sebab, pemakaian bra memaksa tubuh melawan gravitasi,” ujar Jean-Denis Rouillon, Profesor, University of Franche-Comté in Besançon, pada France Info dan dikutip Huffington Post.

Berlokasi di sebuah rumah sakit universitas, Rouillon mengukur payudara dan mempelajari 300 responden wanita dengan kisaran usia 18 sampai 35 tahun. Selanjutnya, beberapa dari responden diminta untuk tidak mengenakan bra selama satu tahun.

Hasilnya, mereka yang tak mengenakan bra memiliki payudara lebih kencang dan sehat, dibandingkan yang tetap rutin mengenakan bra. Hal ini dibuktikan dengan ukuran puting yang lebih tinggi sebanyak 7 milimeter dan payudara mereka ditemukan lebih kenyal.

Lalu, responden yang diminta untuk mengenakan bra secara rutin mengaku sering mengalami nyeri punggung dan payudara terasa mengendur dari waktu ke waktu.

Salah satu responden yang selama setahun tak mengenakan bra, Capucine Vercellotti (28), dalam kurun waktu tersebut mengaku tubuhnya lebih segar, lebih mudah bernapas, dan merasa sehat. “Awalnya memang agak aneh. Sebab, saya terbiasa mengenakan bra setiap hari. Namun, lima menit setelah mulai tak mengenakan bra, saya tak merasakan kejanggalan. Saya tak memiliki masalah tanpa bra,” katanya kepada Agence France-Presse.

Namun demikian, Rouillon tidak menyarankan semua wanita yang membaca hasil studi ini untuk serta-merta langsung tak mengenakan bra. Sebab, penelitiannya ini tidak melibatkan semua perwakilan dari populasi wanita di dunia.

Bagaimana menurut Anda, lebih baik mengenakan bra atau tidak sama sekali?

Sumber : Kompas

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s