Hubungan antara SIM & Manajemen Layanan SI / TI

Manajemen Layanan SI / TI atau dapat disebut IT Service Management (ITSM) adalah disiplin ilmu dalam pengelolaan sistem informasi dan teknologi informasi berskala besar, secara filosofis Manajemen Layanan SI / TI berpusat pada perspektif Sistem Informasi Bisnis dan Manajemen. Manajemen Layanan SI / TI diperkenalkan untuk melakukan pendekatan teknologi yang berpusat pada manajemen teknologi informasi yang mengacu pada interaksi bisnis.

“Penyedia layanan teknologi informasi tidak mampu lagi untuk fokus hanya pada teknologi dan organisasi secara internal saja, mereka sekarang harus mempertimbangkan kualitas layanan yang mereka berikan serta lebih fokus kepada hubungan dengan konsumen.”

Manajemen Layanan SI / TI adalah suatu proses fokus dalam mengatur suatu layanan sistem informasi dan teknologi informasi dan dalam definisi ini memiliki hubungan serta kepentingan umum dengan gerakan perbaikan proses (misalnya TQM, Six Sigma, Manajemen Proses Bisnis, CMMI). Hal ini tidak serta-merta selalu terperinci tentang bagaimana untuk menggunakan produk suatu vendor tertentu, namun hal ini lebih kepada rincian teknis dari sistem di bawah manajemen informasi. Manajemen Sistem Informasi sendiri lebih berfokus pada penyediaan kerangka kerja untuk struktur kegiatan yang berkaitan dengan teknologi informasi serta interaksi tenaga teknis dengan konsumen bisnis dan sasaran teknologi informasi itu sendiri.

Manajemen Layanan SI / TI umumnya lebih peduli dengan teknologi informasi dibalik layar untuk perusahaan (bisnis maupun organisasi), daripada teknologi dalam suatu produk utama perusahaan. Misalnya, proses dalam penjualan perangkat lunak komputer atau proses perancangan sebuah mikroprosesor yang tidak berfokus pada teknisnya, namun lebih kepada sistem komputer yang digunakan oleh pemasaran dan pengembangan bisnis di perusahaan perangkat lunak dan perangkat keras tersebut. Banyak perusahaan non-teknologi, misal perusahaan jasa atau keuangan, industri ritel, dan industri travel, memiliki sistem teknologi informasi yang lebih mengena kepada konsumen.

Dalam hal ini, Manajemen Layanan SI / TI dapat dititikberatkan pada suatu perencanaan sumber daya perusahaan atau ERP dalam segi teknologi informasi inetrnalnya – meskipun sejarah dalam sistem informasi manajemen dapat membatasi dan mengatur penerapannya di seluruh kegiatan yang berhubungan dengan teknologi informasi berskala besar lainnya, seperti IT portofolio manajemen dan rekayasa perangkat lunak.

Hubungan antara Sistem Informasi Manajemen dan Manajemen Layanan SI / TI

Konsep “Layanan” dalam arti sistem informasi dan teknologi informasi memiliki konotasi operasional yang berbeda, tetapi akan salah untuk kemudian menganggap bahwa IT Service Management hanya sekitar operasional TI. Namun, itu tidak dapat mencakup seluruh aspek dalam kegiatan berbasis teknologi informasi, dan ini dapat menjadi salah satu problematika dalam Manajemen Layanan SI / TI.

Manajemen Layanan SI / TI sangat terkait dengan bidang Sistem Informasi Manajemen (SIM) di lingkup kegiatan berbasis teknologi informasi. Namun, Manajemen Layanan SI / TI memiliki titik fokus yang lebih khusus dan lebih introspektif, yaitu lebih mengacu tentang sistem layanannya, bertolak belakang dengan SIM yang lebih mengacu tentang kebituhan sistem informasi dari bisnis. Manajemen Layanan SI / TI dalam arti yang lebih general jika dilihat dari konteks sasaran internal manajemen sangat terkait dengan Sistem Informasi Manajemen, terutama di bidang perencanaan teknologi informasi dan kontrol keuangan.

Salah satu dasar dari Manajemen Layanan SI / TI adalah konsep Sistem Informasi Manajemen dan fungsi historis sistem informasi yang dilakukan di lingkungan skala mainframe besar secara kontinyu. Melalui perbaikan layanan secara konstan, fungsi ini dapat mencapai tingkat presisi yang tinggi. Masalah dan perubahan manajemen secara general, manajemen konfigurasi, perencanaan kapasitas, manajemen kinerja, pemulihan bencana, manajemen ketersediaan, dll adalah beberapa contoh masalah Sistem Informasi Manajemen yang dapat dipecahkan dengan solusi dan konsep layanan yang dibawa oleh Manajemen Layanan SI / TI.

Manajemen Layanan SI / TI yang dibawa oleh Sistem Informasi Manajemen sangatlah berdampak luas bahwa ketika Manajemen Layanan SI / TI diterapkan di seluruh lingkungan perusahaan saat ini manfaatnya dapat terasa di seluruh lini manajemen perusahaan serta kepada konsumen, di mana lingkungan utama biasanya terpusat, Manajemen Layanan SI / TI dapat berlaku untuk kedua lingkungan terdistribusi dan terpusat. Selain itu, Manajemen Layanan SI / TI dapat terasa manfaatnya di mana layanan mainframe biasanya berdiri sendiri dan berbasis teknologi informasi, hal tersebut menyediakan layanan terpadu dengan proses yang berdasarkan dengan fokus pada kebutuhan bisnis serta dapat memuaskan konsumen tentunya.

Meskipun pengelolaan teknologi informasi merupakan salah satu hal penting dari solusi Manajemen Layanan SI / TI, namun itu bukanlah fokus utama. Manajemen Layanan SI / TI lebih mengacu kepada proses pengalamatan dan penyelaraskan pengiriman layanan teknologi informasi dan sistem informasi yang sangat erat dengan kebutuhan bisnis yang diemban. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa meskipun Sistem Informasi Manajemen sangat terkait dengan Manajemen Layanan SI / TI namun fokus dari Manajemen Layanan SI / TI lebih mengacu ke strategi pengaturan proses dan teknis layanannya, bukan secara konseptual seperti Sistem Informasi Manajemen yang lebih membahas tentang pemanfaatan sumber daya sebagai strategi pemecahan masalah dalam bisnis.

Referensi : ITSM.info
IT Service Management

DANY MOCHTAR
12114537
2KA13

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s