DESAIN GRAFIS – GAMBAR RASTER

Desain grafis sering berhubungan dengan penggunaan gambar digital (digital image), yaitu gambar yang telah di-digitasi menjadi data-data digital sehingga dapat diolah dan dimanipulasi oleh komputer, tentu saja melalui perangkat lunak grafik (graphic software).

Penggunaan yang tidak tepat pada suatu desain, selain merusak nilai estetis, juga sering menimbulkan masalah pada proses persiapan Final Artwork (F/A), pracetak dan pada proses cetak. Sebaliknya, penggunaan gambar yang tepat dapat meningkatkan nilai estetis desain sehingga hasil-hasil desain grafis dapat memberikan kesan mewah lux dan mewah. Pengambilan keputusan dalam pemilihan dan penggunaan gambar digital membutuhkan pengetahuan yang cukup tentang digital image, disamping faktor ketelitian seorang designer.

Dalam dunia desain grafis, dikenal 2 (dua) jenis digital image, yaitu :

  1. Gambar raster (bitmap image), yaitu gambar digital yang terbentuk dari sekumpulan titik penyusun gambar atau pixel (picture-x element).
  2. Grafik vektor (vector graphic), yaitu gambar digital yang terbentuk dari garis, kurva dan bidang, yang masing-masing merupakan suatu formulasi matematik.

Secara khusus tulisan ini membahas pemilihan dan penggunaan gambar raster (bitmap image), adapun pemilihan dan penggunaan grafik vektor (vector graphic) akan dibahas pada tulisan yang lain.

1200px-rgb-raster-image-svg
GAMBAR RASTER 
Gambar raster (bitmap image) merupakan gambar digital yang tersusun dari sekumpulan titik penyusun gambar yang disebut pixel (picture-x element). Pixel-pixel penyusun gambar berkumpul dan bergabung membentuk seperti mozaik kemudian memanipulasi mata sehingga pada jarak pandang tertentu akan tampak kesan gambar utuh. Gambar raster bersifat dependent pixel, artinya sangat dipengaruhi oleh banyaknya pixel penyusun gambar.

Semakin banyak pixel – pixel yang menyusun gambar raster, maka kualitasnya akan semakin baik sehingga gambar terlihat halus. Sebaliknya, semakin sedikit pixel-pixel yang menyusun suatu gambar, maka kualitasnya akan semakin kurang, sehingga gambar terlihat kasar.

Dalam pengolahan gambar raster, terdapat 2 (dua) hal pokok yang harus diperhatikan, yaitu ukuran gambar (image size) dan resolusi (resolution).

  • UKURAN GAMBAR (IMAGE SIZE) 

Ukuran gambar (image size) menyatakan ukuran banyaknya pixel penyusun gambar raster yang dinyatakan dalam matrik 2 dimensi, yaitu (X × Y) Pixel, dimana X menyatakan ukuran banyaknya pixel perbaris pada arah horizontal sedangkan Y menyatakan ukuran banyaknya pixel perkolom pada arah vertikal. Sebagai contoh, gambar raster berukuran 800×600 pixel, terdiri dari 800×600 pixel = 480.000 pixel, dengan susunan 800 pixel setiap baris pada arah horizontal dan 600 pixel setiap kolom pada arah vertikal.

  • RESOLUSI (RESOLUTION) 

Atribut gambar raster yang tak kalah pentingnya adalah resolusi (resolution), yang didefinisikan sebagai banyaknya pixel dalam setiap satuan panjang. Umumnya, resolusi dinyatakan dalam satuan dpi (dot per inchi). Sebagai contoh, gambar raster yang memiliki resolusi 72 dpi, berarti terdiri dari 72 dot (titik) pada setiap inchi.

Semakin tinggi resolusi suatu gambar raster, maka kualitasnya akan semakin baik, tetapi perlu diperhitungkan juga kemampuan mesin cetak, baik mesin cetak konvensional maupun digital printing. Gambar raster yang resolusinya terlalu tinggi akan menghasilkan hasil cetak yang kabur sehingga gambar raster tidak terlihat dengan jelas. Sebaliknya, resolusi yang terlalu rendah juga akan menghasilkan hasil cetak yang kasar. Memang terlalu rumit untuk memprediksikan dengan tepat tatawarna dan resolusi gambar raster pada proses cetak (press), namun dengan pengalaman dan peningkatan intensitas pekerjaan desain, kita akan menemukan tatawarna dan resolusi yang tepat pada produksi cetak (press).

Kelebihan Grafis Bitmap· Dapat ditambahkan efek khusus tertentu sehingga dapat membuat objek tampil sesuai keinginan. Dapat menghasilkan objek gambar bitmap darionjek gambar vektor dengan cara mudah dan cepat, mutu hasilnya pun dapat ditentukan

Kelemahan Grafis Bitmap· Objek gambar tersebut memiliki permasalahan ketika diubah ukurannya, khususnya ketika objek gambar diperbesar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s